Tipe – Tipe Apartemen Yang Harus Anda Ketahui

Untuk masa milenial ini, kebanyakan orang lebih memilih tinggal di apartemen www.observatoiredelenfance.org dibandingkan dengan rumah biasa. Alasannya juga cukup masuk akal, dikarenakan fasilitas yang didapatkan lengkap, privasi lebih terjaga, dan memiliki akses yang mudah karena biasanya apartemen berada ditengah pusat kota. Selain beberapa hal tersebut, harga apartemen juga relatif lebih murah dibandingkan dengan rumah biasa pada umumnya. Namun kelemahan mencolok pada apartemen adalah anda harus membayar uang maintenance setiap bulannya atau pertiga bulan sekali yang jumlahnya cukup tinggi sekitar 2-3 juta rupiah, tergantung dari apartemen mana yang anda tempati.

Jika anda memiliki rencana untuk tinggal di apartemen dan ingin membeli apartemen, tentu saja anda harus mengetahui beberapa hal, diantaranya adalah jenis – jenis kamar apartemen pada umumnya. Penasaran apa saja tipenya ? Berikut akan kami jelaskan diparagraf selanjutnya.

Tipe – Tipe Kamar Apartemen

Jika anda ingin membeli atau menyewa apartemen, tentu saja anda harus mengetahui tipe kamar seperti apa yang bisa membuat anda nyaman serta kapasitas seperti apa yang cocok untuk anda tinggali bukan ?

Tipe – tipe pada kamar apartemen memiliki beberapa varian, mulai dari ruangan yang kecil, hingga ruangan yang besar. Berikut beberapa jenis dari tipe kamar apartemennya :

Tipe Studio

Untuk tipe kamar studio mungkin sudah tidak asing lagi anda dengar. Kamar ini memiliki luas tempat yang kecil dan sangat minimalis. Untuk anda yang masih sendiri atau belum berkeluarga sangat cocok untuk menempati kamar studio, selain minimalis, tentu saja harga dari kamar ini cukup murah. Perawatan kebersihannya juga sangat mudah mengingat tempat ini tidak luas. Selain itu biaya listrik yang harus anda bayar juga lebih hemat.

Kelebihan dari kamar ini adalah kamar ini memiliki harga yang sangat hemat. Jelas saja hemat dikarenakan ruangan dari kamar studio sangat sederhana dan minimalis sekali. Kemudian penggunaan listrik yang anda gunakan juga tidak banyak dikarenakan ruangannya yang kecil.

Untuk kekurangannya adalah jika anda memiliki barang yang banyak tentu saja anda tidak bisa menggunakan kamar studio dikarenakan ruangannya yang sempit. Jika anda memaksakan tinggal dikamar studio dengan barang – barang yang banyak, membuat dekorasi kamar kurang enak dipandang dan berkesan berantakan.

Tipe Alcove Studio

Tipe selanjutnya adalah tipe kamar alcove studio. Kamar tipe ini sebenarnya hampir sama dengan tipe kamar studio. Yang membedakan diantara kedua tipe tersebut adalah bentuk ruangannya. Bentuk ruangan dari kamar tipe ini memiliki bentuk L. Keuntungan dari ruangan berbentuk L adalah anda bisa menempatkan kamar tidur diruangan kecil sisi L sehingga pengguna kamar ini memiliki privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamar studio yang berbentuk persegi. Jika bicara mengenai kekurangannya kurang lebih hampir sama dengan kamar tipe studio dimana memiliki tempat yang sedikit sempit.

Tipe Convertible Studio

Tipe kamar satu ini memiliki luas ruangan yang lebih besar sehingga di tiap ruangan memiliki dinding pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Ruangan ini cukup ideal untuk anda yang ingin memiliki kamar apartemen dengan tampilan yang modern dan tidak berkesan sempit. Privasi anda juga lebih terjaga dibandingkan dengan kamar studio lainnya.

Tipe Loft

Apartemen tipe loft merupakan apartemen dengan ciri khas plafon yang tinggi disertai dengan jendela besar yang menghiasi ruangan apartemen. Apartemen ini biasanya memiliki 1 setengah lantai, dimana lantai pertama digunakan untuk ruang tamu dan dapur sedangkan setengah lantai lagi digunakan untuk kamar tidur.

Tipe Junior 1 Bed Room

Lanjut ketipe apartemen selanjutnya adalah tipe junior 1 bed room. Apartemen ini di design dengan 1 ruangan kamar khusus yang tidak menyatu dengan ruangan lainnya. Inilah yang membedakan antara ruangan studio dengan ruangan tipe junior 1 bed room ini. Untuk luas ruangannya tentu saja ruangan ini jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan apartemen dengan kamar studio.

Tipe Junior 4

Seperti namanya tipe junior 4, kamar apartemen ini memiliki empat ruangan terpisah yang terdiri dari ruang tamu, ruang dapur, kamar tidur utama, dan kamar tidur yang kecil. Ruangan ini sangat cocok untuk anda yang baru saja berkeluarga dan memiliki anak balita yang masih kecil. Jika anda belum berkeluarga, kamar tidur yang kecil bisa anda gunakan untuk ruangan belajar atau ruang kerja.

Tipe 3 Room

Selanjutnya adalah tipe kamar 3 room. Kamar ini memiliki ruangan yang cukup luas dengan menyediakan tiga kamar tidur yang terdiri dari satu kamar tidur utama, dan dua kamar tidur kecil. Kamar ini cocok sekali untuk anda yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki dua balita. Selain itu satu kamar tidur lainnya juga bisa anda gunakan untuk tamu yang berkunjung ke apartemen anda.

Tipe Duplex & Triplex

Kamar apartemen tipe duplex dan triplex termaksut kamar apartemen yang mewah. Bagaimana tidak, kamar ini terdiri dari tiga lantai yang bisa anda gunakan menjadi beberapa ruangan kamar tidur. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan ruangan lainnya untuk hobi ataupun ruangan kerja. Sekilas jika kita masuk ke kamar ini terlihat selayaknya rumah karena luas kamar yang besar. Namun dibalik fasilitas yang banyak tentu saja harga dari tipe kamar ini cukup tinggi.

Tipe Garden

Yang terakhir adalah kamar tipe garden. Seperti namanya, kamar ini memiliki satu ruangan khusus yang terbuka untuk sebuah taman kecil. Tipe apartemen ini memang sangat jarang sekali kita temui di negara Indonesia. Untuk harga dari apartemen tipe ini bisa dikatakan sebagai kamar yang paling mahal.

Itulah beberapa kamar yang bisa anda jadikan refrensi jika ingin menempati sebuah apartemen. Bagaimana ? Apa anda sudah mendapatkan pilihan kamar terbaik ?

Pilihan Tipe Kamar Terbaik

Untuk memilih kamar tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan ruangan serta tempat untuk barang – barang yang anda bawa. Jangan memilih tipe kamar studio bila anda memiliki barang yang banyak serta besar. Namun bila bicara untuk investasi tidak ada salahnya jika anda membeli kamar bertipe studio.

Selain itu jangan memilih kamar terlalu besar bila anda masih sendiri atau belum berkeluarga. Karena perawatan kamar apartemen anda tentu jauh lebih rumit mengingat luasnya kamar yang anda miliki. Namun jika anda memiliki uang lebih, anda bisa saja menyewa asisten rumah tangga untuk membantu anda merapihkan kamar apartemen anda. Jika anda sudah berumah tangga, anda bisa memilih beberapa kamar yang memiliki 2 atau 3 ruangan tidur untuk buah hati anda.

Jadi kesimpulannya, pilihlah kamar apartemen yang paling cocok untuk anda. Hal tersebut bisa dilihat dari kenyamanan anda, luas ruangan, serta kebutuhan anda.

Sekian informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu anda serta menambah wawasan anda mengenai jenis – jenis kamar apartemen. Dengan ini kami pamit undur diri dan terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa.

by hopelavenaria on December 9th, 2020 in Penerbit

There are no comments.

Name*: Website: E-Mail*:
XHTML: You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>